Jujurlah Atas Keinginanmu, Niscaya...

Niscaya apa hayoo...

Niscaya Allah pasti akan wujudkan keinginanmu itu. Pertanyaannya adalah, jujur atas keinginan kita tu gimana?

Simpel si memahaminya, jujur itu berarti semua sinkron, antara hati, lisan, sikap. Hatimu bener-bener menginginkan, sehingga lisanmu tergerak untuk berdoa. Bukan itu aja, saking pinginnya kamu pun berikhtiar, bukan dunia dulu justru, tapi ikhtiar dalam mewujudkan ketaqwaan. Kalau ikhtiar dunia, misalnya lu pingin ke univ x y z, itu mah pasti kamu bakal belajar, itu mah kewajiban ya. 

yang sering dilupakan oleh kita adalah ikhtiar ketaqwaan. padahal ini terpenting karena ini sbg wujud, ini lo yang mewujudkan impian adalah Allah. 

Ada orang yang bilang aku miskin banget nih, aku sakit banget nih, tapi dianya ga bergerak. Dia pingin banget bisa dapet kerjaan, eh tapi dianya ogah2an, suruh ibadah males, berarti keinginannya hanya anget anget tahi ayam. Keinginannya ga besar, tidak sampai menggerakkan badannya untuk tahajjud, puasa sunnah, sedekah, dhuha, shalat tepat waktu, shalawat, dkk. Gimana bisa dia konsisten dalam berikhtiar yang lain-lainnya?

Jujurly, personally, kalau sekarang ikhtiar ketaqwaan terberat bwt guwe adl puasa sunnah. hihihi. Gw ga tahu ya kalian gmn, kan beda orang beda ujian. Tapi sependek usiaku, puasa itu paling berat. Tapi karena berat, beuh pahalanya besar banget. Saking besarnya pahala, nanti di akhirat Allah sendiri yang bakal kasih hadiah itu ke kita. Saking spesialnya. 

Ngomongin soal puasa sunnah, ane mau share sesuatu.. Ini kisah. 

---

Sebenernya banyak lo kisah2 seeprti. di jamanku, jaman orang tua, mbah mbah di jawa, puasa sunnah itu sudah biasa, sudah jadi budaya ketika kita punya keinginan atau hajat. Banyak orang yang menyebutnya dengan tirakat, prihatin dkk. Jaman dulu pengetahuan ttg agama memang masih minim, tapi kalau soal pengamalan, masyaAllah. Banyak banget orang yang sudah membuktikan kedahsyatan dari puasa. 

Guwe sendiri pernah ngalamin. Dan lucunya guwe baru ngeuh sekarang, padahal kejadian udah dari jaman kuliah. Berarti 15-18 th lalu ya. Dulu gw kuliah di UGM, 3 jam naik motor dari rumah. Ngekos lah ya. Masa iya bolak balik. Uang saku guwe tu minim , ngepress banget. 300rb per bulan, kudu mikir makan, uang kos, bensin, pulsa, keperluan kuliah. Pokoknya gimana cara kudu cukup. Bayangin di tahun 2005 duit segitu. bensin waktu itu 4.500. Sekali makan warteg sekitar 10rb. Mau ga mau gw puasa daud. puasa selang seling. Dulu mah ga mikir gmn gmn, bkn krn ada hajat, ya terpaksa aja. wkwkw. 

Baru ngeuh kalau banyak banget urusan yang dimudahkan Allah. Pas ga ada duit, eh ada orang kasih makan. sering banget lagi. Pas sepeda guwe ilang, eh ga berapa lama malah dapet motor, dikasi emak sih. Pas terusir dari kontrakan, eh dapet kos an yang pemilik kosannya udah kaya kakek nenek sendiri. Baek banget. Kalau masak apa, gw dikasih. Hidup tuh tenang. Yang paling ga masuk akal buat gw adalah, saat ujian skripsi. Jujur ya, skripsiku itu sederhana banget. kalah jauh lah ama temen-temen lain. sampe aku minder. Mana dosbing nya susah ditemuin, sekali ditemuin, irit bicara hahaha. Tibalah ujian skripsi, gw dapet dua orang dosen penguji yang subhanalloh terkenal pinter tapi killer, mana kalau ngomong tuh nada tinggi. Hadoh. Udah deh bisa dibabat abis, skripsi apaan nih kayak anak TK hahaha. 

Tapi anehnya ketika ane ujian, mereka woles dan tenang. Revisinya pun ga susah. Ga disuruh ganti judul. Yang ngmong malah temen guwe, bilang ih kok enak banget ujianmu ya. Gampang banget ujiannya. Aku mengakui si, kayak mudah. Ak sempet insecure, jangan2 mereka ga mudeng, atau mrereka kasihan sama aku. 

Dalam hati aku cuma berharap ga dapet C, walaupun pesimis kalau dapet B. You know what? dapet nilai apa? A dong, masya Allah. guwe baru ngeuh juga, mungkin salah satu yang bikin Allah ridho krn puasaku. Walaupun awalnya karena keterpaksaan. 

Sayangnya, habbit puasa daud yang udah gw konsistenin selama 2-3 tahun saat kuliah itu, lambat laun memudar begitu guwe masuk ke perbankan. Dulu ya, sekarang udah ga. Kalau kalian mau, nanti aku ceritain pengalaman gw masuk ke bank, keluar ke bank, perjuangan setelah keluar dari bank. hehehe ktatan mau di kolom komen ya.

Dari banyaknya contoh kasus, terutama anak-anak jaman dulu, sebenernya poinnya bukan di amalnya. Jangan pernah bersandar pada amal, bukan krn puasa kita, bukan krn shalawat kita, atau tahajjud kt, atau ibadah2 kita yang membuat hajat terkabul. Tapi karena Allah berkenan mengabulkan. Toh kt bisa beramal juga karena diberi kekuatan oleh Allah.

Intinya adalah kalau ingin hajatmu terkabul, perbaiki hubungan kita dengan Allah. makin berjuang, makin berkorban, insyaAllah makin dhargai oleh Allah. bukankah kita mendekat ke Allah sejengkal, Allah akan mendekati kita berlari?

sama kayak kita mau pdkt dg gebetan. Kita pasti berjuang kan? masalahnya yang pingin deketin dia ga cm kamu, tapi ratusan orang. Apakah usahamu akan sama dengan mereka, atau kamu kasih sesuatu yang spesial dimana orang lain ga lakuin? pasti kamu pingin lakuin sesuatu yg spesial, yang bermakna dan berbeda dari yang lain kan? Biar perhatiannya ke kamu?

sama juga ke Allah. shalat wajib, udah banyak yang begitu. tapi ibadah sunnah, contoh tahajjud, puasa sunnah, beuh berat bro. kalau puasa wajib mah biasa aja kali. kenapa? kalau wajib pasti banyak yang lakuin, wlpn cm sekedar menggugurkan kewajiban. Tapi kalau yang ibadah sunnah, kalau kalian ga strong willing, ga kuat motivasinya, mana mau. gedean mager nya kan? tahajjud? mending bobo mbak. puasa sunnah? duh berat mba ga ada temennya. 

disitulah ketahuan mana yang niat beneran, dan mana yang boongan. Jadi jujurlah atas keinginanmu, pasti Allah akan kabulkan. Jujurlah , gigihlah, dan sungguh2lah dalam ketaqwaan. 

At talaq 2-3 barangisapa bertaqwa kepada Allah, pasti akan diberikan jalan keluar yang tidak disangka-sangka. alias ajaib. kalau ga percaya, praktekkin deh puasa sunnah, senin kamis, atau daud. dan tahajjud. Semoga membantu.

0 comments:

Posting Komentar