Makna Sukses Yang Menyiksa Diri

Apa makna sukses buat kamu? Adakah di sini yang kuliah S1 atau bahkan S2 tapi jadi ibu Rumah Tangga dan dikomenin keluarga, "yah sayang banget sih kok cuma jadi ibu RT?"

Terus lu auto galau, auto merasa bersalah, auto menyesal, mulai ngomong seandainya oh seandainya. Kata seandainya adalah pintu masuknya setan loh. Itu udah kelewat sis bro, lu ga akan bisa rubah. Endingnya adalah hopeless, putus asa. Hanya gara2 komen. Bukan, bukan mereka yang salah, imun jiwa kita aja lemah. 

Gimana caranya biar meraih sukses tanpa nyiksa? Dont go anywhere. 

Lu tahu ga si bahwa definisi sukses dari sebuah buku yang dibaca Coach Renee, sukses adalah "yang datang setelah kalian melakukan sesuatu", bukan mencapai sesuatu. Selama ini kan kita mendefinisikan sukses adalah mencapai posisi tertentu, atau mendapatkan hal tertentu. 

Bukan hal yang jauh ga terlihat. Ini yang bikin kita tersiksa. Gini, secara fitrah dan dari observasi gw dari th 2011, biasanya goldar A itu kinerha otaknya adalah imajinatif, jauh kl mikir. beda dg goldar B yang fokus thd saat ini. Makannya rata-rata goldar A itu dari TK or SD udah punya cita2 jauh k depan, contoh sekolah dimana, kerja dimana, jadi apa, gaji berapa. hehehe. 

Sedangkan goldar B, ga ada. Dia lebih menjalani hidup saat ini. Enjoy the life. Ya so so lah ya, plus minus, tp rata2 goldar B itu orangnya nyantai, ga takut akan masa depan. Tantangan goldar B adalah meredam emosi kl ada yg bikin dia BT di saat itu. 

Nah relate dengan definisi sukses bahwa ia adalah hal yang datang setelah kalian melakukan sesuatu, baik perasaan puas, nikmat, atau bahagia, maka harusnya si ga harus nunggu sampai usia 35 thaun dulu, ga harus nunggu jadi direktur, ga harus nunggu mendapatkan mobil dl baru bisa dibilang sukses. baru bisa bahagia. 

Asalkan kalian bisa memenangkan sesuatu, tantangan sederhana, kalian udah bisa disebut sukses. Apa contohnya? fitness 30 menit, atau target sholat tepat waktu, target sholat fokus. kan tiap lima kali sehari kt merasa sukses. ada endorfin dan dopamin, hormon bahagia yang rilis. Hormon ini bisa membuat kalian makin pede. Intinya bersyukur atas setiap detail. Bahkan ketika kalian bisa makan setiap hari, itu jg pencapaian loh. 
nah sayangnya banyak dari kita kan lebih seneng diakui oleh manusia kebanyakan, bukan dari Allah. Makna sukses dari Allah apa coba? Ada di lafal adzan tuh loh 

Hayya Alash Shalah memiliki arti “Marilah kita menuju sholat”.

Hayya Alal Falah artinya “Marilah kita menuju kepada kesuksesan (kebahagian)”.

Makna kesuksesan adalah ketika kita bisa menjalankan sholat dengan tepat waktu, dan berusaha untuk menghadirkan hati di dalamnya. Simpel kan? Kita bisa merasakan kesuksesan 5x sehari (minimal), dan akan rilis dopamin setiap 5x sehari. 
Ngapain memaknai kesuksesan dalam jangka waktu 30 tahun nanti, iya kalau masih idup, kalau ga gimana? Masa mau protes ke Allah, "Ya Allah kok saya udah dipanggil pulang si, kan saya belum sukses?"

Ntar malaikat ngebatin, "Lah elu siapa?" 


0 comments:

Posting Komentar